Modifikasi Mitsubishi Lancer GLX
Jakarta, BosMobil.com - Meskipun Mr.S memfokuskan modifikasi pada Mitsubishi Lancer GLXinya ke mesin, doski pun tidak ingin memiliki tampilan yang ekstrim pada sektor eksteriornya. “Saya sih demen banget ngebut, tapi tampilannya kalem aja. Ga mau nyentrik,” sahut Mr.S via be-be-em.
Mesin boleh kenceng, tapi bodi ga boleh norak. Maka dari itu, bodi yang berkode CB4 ini dikonversi menjadi Mitsubishi Lancer Evolution 3. Beragam bodyparts CE9A (kode
bodi Mitsubishi Lancer Evolution 3) terpasang rapih mulai dari bemper
depan, kap mesin, fender, side skirt, bemper belakang, pintu, kaca
belakang hingga wing.
Perubahan eksterior masih berlanjut. Lampu depan juga ikutan diganti karena memiliki warna mika sein yang berbeda. Demikian juga pada lampu belakang yang diganti kepunyaan Mitsubishi Lancer Evolution 3 karena adanya lampu kabut disamping lampu rem. |
Tampilan eksterior sudah terlihat sporty, giliran interior juga dibikin seperti Mitsubishi Lancer Evolution 3. Sekilas terlihat sama, tetapi nyatanya dashboard diganti milik Mitsubishi Lancer Evolution 3 berikut panel spidometer, kisi-kisi A/C, panel A/C yang berteknologi digital hingga perintilan seperti tombol untuk Intercooler Washer dan Rear Wiper. |
Agar nuansa
Mitsubishi Lancer Evolution 3 semakin kental, jok standar harus
mengalah. Gantinya adalah jok standar Mitsubishi Lancer Evolution 3
berlabel Recaro SR3 yang berjenis semi bucket. “Hahaha, karpet dasar juga punya Evolution 3 bos,” tambah Mr.S.
Mesin Swap 4G63T
Namanya demen ngebut, Mr.S merasa mesin bawaan tidak mampu mengeksekusi hasratnya. Lantas, mesin berkode 4G63T yang berkapasitas 2.000 cc plus turbo pun
terpasang bebas di ruang mesin. Untuk meningkatkan tenaga mesin bawaan
Mitsubishi Lancer Evolution 3, sejumlah langkah ditempuh oleh Mr.S
dengan ubahan yang cukup ekstrim.
Oleh karena itu,
turbo bawaan dipensiunkan dan diganti Forced Performance Black
TD05-20G. “Meski ukurannya sama seperti GT35, tapi belakangnya lebih
kecil. Jadi spool-up lebih cepet, dan kuat di-boost pada tekanan tinggi
gan,” sahut Mr.B, salah satu yang mekomandoi modifikasi mobil ini.
Pergantian turbo memaksa mengganti header yang lebih besar dari
standarnya, hingga jeroan mesin seperti piston berkompresi rendah,
camshaft berdurasi tinggi, conrod dan masih banyak lagi (liat spek deh
bos, soalnya banyak hehe). Semua ini juga harus mengganti intake yang
lebih besar agar udara yang masuk lebih banyak. Penambahan Surge Tank
pada bagasi dirasa perlu agar suplai bensin ke mesin tidak berkurang
pada saat gaspooooollll.
Eksterior,
interior dan mesin sudah berubah, giliran kaki-kaki juga harus dibikin
seperti Mitsubishi Lancer Evolution 3. Hasilnya, perangkat 4-wheel drive
(4WD) juga terpasang rapih agar traksi lebih berasa berikut suspensi
Tein Adjustable Coilover. Unsur safety pun juga tidak luput dengan
memasang seperangkat rem depan-belakang milik Mitsubishi Lancer
Evolution 3. Untuk rodanya, Mr.S cukup menggunakan velg Enkei RPF1
beserta ban Toyo R888 agar traksi semakin kuat.
“Bisa dibilang
ini mobil yang tersisa Mitsubishi Lancer GLXi-nya hanya kerangka bagian
atas, sisanya punya Mitsubishi Lancer Evolution 3 hehe,” ucap Mr.S.
Untuk prestasinya, Mr.S sanggup mengukir best time 11,1 detik di arena
drag race 402 meter. “Sekarang boost masih di angka 1,9 bar. Perkiraan
tenaganya sekitar 600-700 HP gan,” sebut Mr.B. “Boost masih mau
dinaikkan sampai 2,3 bar, tapi nunggu juragannya nyempetin seting
hehehe,” tutupnya.
Oke Happy Valentine bos.. Lho ga nyambung ya?
Data Modifikasi :
Eksterior : Full Body Conversion Mitsubishi Lancer Evolution 3, Head Lamp + Rear Lamp Mitsubishi Lancer Evolution 3, Lampu Kabut Mitsubishi Lancer Evolution 3, Kaca Belakang + Wiper Mitsubishi Lancer Evolution 3.
Interior : Dashboard Mitsubishi Lancer Evolution 3, Jok Recaro SR3, Kisi-kisi + Panel A/C Digital Mitsubishi Lancer Evolution 3, Karpet Dasar Mitsubishi Lancer Evolution 3, Setir Nardi Deep Corn, Shiftknob Ralliart, Volt Meter-Oil Temp-Boost Meter Ralliart Mitsubishi Lancer Evolution 3.
Mesin : Turbo Forced Performance Black TD05-20G, Header+Intake Custom by FirPro, Intercooler Autobahn, Blow Off Valve HKS Racing Type 2, Piston Mahley, Conrod Carillo, HKS 272 Camshaft, HKS Cam Gear, HKS Spring Valve, HKS Timing Belt, Fuel Pressure Tomei, Kabel Busi NGK, Boost Controller Apexi AVCR, Surge Tank Custom by FirPro, ECU MoTeC M48.
Kaki-Kaki : 4WD Mitsubishi Lancer Evolution 3, Rem Depan-Belakang Mitsubishi Lancer Evolution 3, Tein Adjustable Coilover, Velg Enkei RPF1 16 Inch, Ban Toyo Proxes R888 195/50-R16.
Eksterior : Full Body Conversion Mitsubishi Lancer Evolution 3, Head Lamp + Rear Lamp Mitsubishi Lancer Evolution 3, Lampu Kabut Mitsubishi Lancer Evolution 3, Kaca Belakang + Wiper Mitsubishi Lancer Evolution 3.
Interior : Dashboard Mitsubishi Lancer Evolution 3, Jok Recaro SR3, Kisi-kisi + Panel A/C Digital Mitsubishi Lancer Evolution 3, Karpet Dasar Mitsubishi Lancer Evolution 3, Setir Nardi Deep Corn, Shiftknob Ralliart, Volt Meter-Oil Temp-Boost Meter Ralliart Mitsubishi Lancer Evolution 3.
Mesin : Turbo Forced Performance Black TD05-20G, Header+Intake Custom by FirPro, Intercooler Autobahn, Blow Off Valve HKS Racing Type 2, Piston Mahley, Conrod Carillo, HKS 272 Camshaft, HKS Cam Gear, HKS Spring Valve, HKS Timing Belt, Fuel Pressure Tomei, Kabel Busi NGK, Boost Controller Apexi AVCR, Surge Tank Custom by FirPro, ECU MoTeC M48.
Kaki-Kaki : 4WD Mitsubishi Lancer Evolution 3, Rem Depan-Belakang Mitsubishi Lancer Evolution 3, Tein Adjustable Coilover, Velg Enkei RPF1 16 Inch, Ban Toyo Proxes R888 195/50-R16.
0 komentar:
Posting Komentar