Rabu, 26 Februari 2014

Cara merawat Rantai dan Sprocket Sepeda Motor

Rantai dan sprocket ini harus di cek dan dibersihkan secara teratur. Jika tida dibersihkan dan dicat, akan mempercepat kerusakan, sprocket menjadi cepat aus, dan rantai menjadi terlalu longgar.
Selain itu, perawatan rantai dan sprocket, merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga agar motor selalu aman dan nyaman digunakan. Ada 3 hal yang perlu selalu diperhatikan yang berkaitan dengan keamanan, yaitu ganti oli, cek ban, dan cek rantai.

Ini karena peran rantai sangat penting, yaitu sebagai alat transfer tenaga dari mesin ke roda belakang, jadi tanpa inspeksi dan perwatan yang memadahi, motor bisa mogok, dan bahkan bisa melaju tanpa bisa dikendalikan.
Ada 3 hal yang perlu anda lakukan terhadap rantai dan sprocket :
  • Inspeksi
  • Pembersihan
  • Penyesuaian
Usahakan untuk melakukan inspeksi, dan pembersihan ini setiap 2 bulan sekali atau setiap 1 bulan sekali, tergantung pemakaian motor. Semakin sering motor diapakai, perlu lebih sering dicek rantainya.

Untuk mengecek kapan rantai disesuaikan, anda perlu mengecek jarak bebas rantai di tengah-tengah antara sprocket depan dan sprocket belakang. Jarak diukur dari menekan rantai kebawah dan ke atas. Pengukuran ini dilakukan diberbagai titik rantai karena ada beberapa bagian dari rantai yang kaku, dan ada bebrapa bagian dari rantai yang bebas bergerak.

Jika jarak bebas ini lebih dari 3 cm, maka mundurkan roda belakang sehingga jarak bebas mengecil. Jika jarak bebas ini terlalu tinggi, rantai bisa copot saat motor digeber dan itu sangat berbahaya.
Untuk sprocket, anda perlu mengecek apakah ujung-ujung dari gigi sprocket masih bagus atau tidak, jika sudah terlalu lancip maka artinya sprocket sudah jelek. Selain itu, cek juga apakah gigi-gigi dari sprocket cocok atau harmonis dengan rantai. Jika tidak harmonis/lubang di rantai tidak duduk dengan optimal, berarti sprocket dan rantai perlu diganti.

Adapun membersihkan rantai harus dilakukan secara periodik. Rantai harus dijaga agar tetap bersih dan terlumasi. Rantai-rantai sekarang umunya menggunakan o-ring yang berbahan dasar karet, dan karet sensitif terhadap beberapa jenis pelumas, karena itu gunakan pelumas yang tidak merusak karet dari o-ring ini.

Untuk melumasi rantai, putar rantai lalu berikan pelumas di sepanjang rantai di bagian sprocketnya. Setelah itu, bersihkan sisa pelumas dengan kain lap kering.

Jika terlalu basah, nanti pelumas ini justru bisa menjadi tempat menempelnya tanah dan debu saat motor digunakan. Saat melakukan pelumasan rantai ini, motor harus diberdirikan dengan standar tengah sehingga roda belakang bisa diputar dengan bebas.

Untuk melakukan penyesuaian, dibagian lengan ayun belakang biasanya ada tanda garis-garis yang digunakan untuk membantu roda tetap dalam posisi lurus. Oleh karena itu, saat meluruskan anda harus memastikan posisi garis kiri dan garis kanan harus tepat.

Jadi, sebelum mengencangkan poros roda belakang, kedua sisi harus dipastikan lurus, jika tidak, maka sprocket dan rantai bisa cepat rusak.

Sumber: http://otomotif.selkid.com/2013/04/cara-membersihkan-mika-lampu-lampu-yang.html

0 komentar:

Posting Komentar