Modif Toyota Kijang Innova Diesel : Korban Pelampiasan
Jakarta, BosMobil.com - Ada-ada saja memang dunia modifikasi ini. Entah apa yang dipikirkan Sebastian Pramudita, sehingga Toyota Kijang Innova Diesel yang merupakan mobil keluarga ini menjadi korban tangan jahilnya.“Sebenarnya sih biar lebih enak aja gan Toyota Kijang Innova ini, trus di-gas juga kagak malu-maluin, drag race juga masih bisa ikutan. Berhubung Lancer gue belum beres, trus Jazz juga dah dijual, bisa jadi Kijang Diesel ini korban pelampiasan hehehe,” ujar juragan dari bengkel Firna Protechnik ini.
Karena memang untuk harian, Bastian (sapaan akrabnya) tidak banyak dalam melakukan ubahan atau modifikasi pada mesin Toyota Kijang Innova Diesel-nya, minimal internal mesin masih mengandalkan bawaan. Gak percaya? Ya elu lihat aja data spesipikasi (pake p) mesin di paling bawah artikel ini.
Dari lahirnya, mobil lansiran tahun 2005 ini memang sudah dipersenjatai turbo. “Turbo standar boost-nya mentok di 1,1 bar, lebih dari itu bisa putus. Nah ganti turbo IHI RHF4 deh, boost maksimalnya bisa 2,3 bar,” terangnya.
Untuk menunjang peningkatan besaran boost, pipa turbo bawaan harus diganti dengan custom dari bengkel dan intercooler yang lebih besar, kemudian exhaust system-downpipe, dan tak kalah penting yaitu pakai piggyback ECU=SHOP Monster Max KDseries.
Sektor kaki-kaki Toyota Kijang Innova Diesel ini juga harus diperkuat. Salah satunya pemakaian velg Enkei RPF1 yang berspesifikasi 18x(9+9,5) inci dan dibalut ban Toyo Proxes 4. “Velg ini lumayan jarang, soalnya lebarnya segitu, trus concave dikit,” kata Bastian.
Korban pelampiasan ini membuahkan hasil. Bener sich kagak malu-maluin, lha tenaga yang dihasilkan ajah mencapai 286 HP, ditambah torsi melonjak pada 590 Nm. “Itu didapat saat boost di angka 2 bar gan,” sambungnya.
“Tapi kalau harian sih boost-nya 1,7 bar gan. Segini aja dah enak banget, apalagi konsumsi bahan bakarnya termasuk irit. Ini belum jajal drag race aja nih gan hehehe,” tutupnya.
Bastian’s Toyota Kijang Innova Diesel
Engine : IHI RHF4 Turbo, Custom Front Mount Intercooler, Custom Downpipe, Custom Exhaust System, Custom Oil Catch Tank, Big Injector Nozzle, ECU=SHOP Monster Max KDseries Piggyback, ECU=SHOP Suction Control Valve, B&M Transmission Cooler, B&M Oil Cooler.
Wheel&Suspension : Enkei RPF1 18x(9+9,5) Inch, Toyo Proxes 205/50-R18, Bilstein Shockbreaker, Custom Springs.
Exterior : Facelift To Toyota Kijang Innova V 2008, Add-on OEM Side Skirt & Lips.
Interior : M7 Japan Boost Gauge, ECU=SHOP Monster Gauge.
Powered By : Firna Protechnik, Tanjung Duren, Jakarta Barat.
0 komentar:
Posting Komentar