Modif Toyota Corolla DX : Balapan Ayo, Harian Siapa Takut?
Jakarta, BosMobil.com - Menurut desainernya, Toyota Corolla DX (KE70) aslinya memang didesain sedemikian rupa supaya tangguh dikemudikan dalam berbagai kondisi cuaca dan medan. Maka tak heran jika kemudian Toyota Corolla DX banyak terlihat di berbagai ajang balap roda empat di Tanah Air. Mulai dari balap touring, drift, dragrace, hingga rally.Nah...salah satu Toyota Corolla DX yang diterjunkan di ajang balap touring di Indonesia yakni Toyota Corolla DX lansiran 1980 milik Ihsan Mulyana berikut ini. Secara fisik, Toyota Corolla DX berkelir merah ini telah dibedah luar-dalam supaya sesuai regulasi balap touring di Bumi Pertiwi ini. Eh tapi jangan salah...Toyota Corolla DX ini masih layak juga buat dikemudikan sehari-hari juga lho. Wah...gak capek tuh bawanya boss? Hehehehehe..........
“Dulu, pertama gw beli DX ini keadaannya masih benar-benar standar mas. Mesin juga masih pake 4K. Terus gw modif dengan konsep Oldskool JDM. Gw pilih konsep ini karena asik aja mas, mobil kencang tapi rapi dan masih bisa buat harian juga. Lagian, gw dari dulu juga udah suka style kayak gini. Gara-garanya sih sering lihat mobil-mobil di luar negeri yang diubah kayak gini,” ungkap Ihsan.
Interior
Gelondongan pipa ‘seamless’ yang digunakan sebagai piranti rollbar, tampak malang-melintang di dalam kabin. “Wah sorry boss...gw lupa euy sama ukuran pipanya. Yang jelas sih ini gw pake pipa seamless. Hehehehehehe...........,” papar Ihsan.Berikutnya bucket seat Sparco dan seatbelt Takata 5 titik ditambahkan. Kesemua piranti itu seolah-olah ingin melindungi sang pembalap dalam dekapan amannya. Perangkat penunjang lainnya berupa panel tachometer, engine cut-off, oil temperature gauge, rem tangan hidrolik, dan setir kemudi Momo ditempatkan di kabin depan demi membantu sang pembalap dalam mengendalikan pacuannya ini.
Eksterior
Pada eksterior, Ihsan ogah melakukan banyak perombakan, kecuali penggantian engine hood standar dengan yang custom berbahan fiberglass. “Karena engine hood asli DX itu berat, makanya gw ganti aja pake engine hood custom berbahan fiberglass. Jadi lumayan deh buat ngurangin bobotnya. Hehehehehe............,” tutur Ihsan yang berprofesi sebagai IT Professional ini.Mesin
Nah...lari Toyota Corolla DX ini pun makin ngacir saja setelah Ihsan mengadopsikan sebongkah mesin 4AGE Blacktop asli bawaan Toyota AE86, yang kemudian didukung kabel busi, crank gear, dan cam gear buatan Arospeed, koil MSD, throttle body bermerk Velocity, dan juga pipa knalpot freeflow custom berbahan galvanis. Maka tak mengherankan kalau podium juara sudah menjadi langganan ketika Toyota Corolla DX ini mengikuti balap touring di Sirkuit Sentul, Jawa Barat. Bruuuummmmmm...........................Kaki-kaki
Ok deh. Sekarang kita tengok sektor kaki-kakinya yuks...!? Di bagian ini, beberapa parts kaki-kaki standar Toyota Corolla DX (KE70) ini terpaksa dicopot demi meningkatkan handling-nya saat di trek lurus ataupun ketika melibas tikungan.Pelototi saja tuh velg-nya yang sudah mengadopsi 2 pasang velg Rota Shakotan berdiameter 15 inci, yang ditopang duo suspensi coilover keluaran Bilstein di roda depan dan sepasang sokbreker Bilstein dengan per custom pada roda belakang. Sementara untuk penghenti lajunya, Ihsan cukup menancapkan 2 set piranti rem cakram copotan Toyota Cressida pada keempat rodanya.
Ciiiiiiiiittttttt.............................
Sumber: http://www.bosmobil.com/performance/Modif_Toyota_Corolla_DX__Balapan_Ayo__Harian_Siapa_Takut_-b-7302.html
0 komentar:
Posting Komentar